Cara Merawat Baterai Hp Agar Awet

Caramenyu.com - Dalam sebuah ponsel,Baterai merupakan sebuah komponen yang penting sebagai penunjang kehidupan sebuah ponsel. hal ini dikarenakan baterai sendiri merupakan sumber daya yang paling utama yang dapat menyalakan ponsel.

Tentu anda semua juga semua juga sudah mengerti dan paham betul, apabila ponsel anda tidak menggunakan baterai maka otomatis ponsel anda tidak bisa dihidupkan. Lain halnya dengan laptop, meskipun tidak menggunakan baterai tetapi laptop masih bisa di nyalakan asal adaptor masih terhubung. Oleh karena itu anda harus pandai-pandai merawat baterai ponsel anda agar lebih tahan lama.
Cara merawat baterai hp agar awet

Perlu anda ketahui, bahwa baterai ponsel yang cepat habis/ngedrop bisa terjadi akibat kesalahan pada saat anda menchargenya (mengisi ulang). Apakah dari anda semua sudah paham tentang cara merawat baterai hp agar awet ?. Baiklah pada kesempatan kali ini saya aan sedikit berbagi tips tentang cara merawat baterai hp agar awet. Langsung saja mari kita simak cara mencharging baterai hp yang benar.

Artikel terkait :
Cara memperbaiki baterai ngedrop dengan kalibrasi
Cara Mencharging baterai hp :

1. Perhatikan Waktu pengisian


Pada saat anda mencharging baterai, sebaiknya anda memperhatikan Waktu Pengisiannya. Baterai hp yang berbahan nikel sebaiknya di-charging setelah daya baterai sudah habis. Baterai ini merupakan tipe baterai buat hp jaman dahulu,pada saat sekarang ini, baterai tersebut sudah banyak ditinggalkan oleh berbagai vendor ponsel, terutama vendor smartphone/ponsel pintar.

Untuk baterai yang berbahan lithium-ion, alangkah baiknya anda mencharging pada saat dayanya masih tersisa kurang lebih diatas 50% atau minimal 20%. Tetapi yang perlu anda ketahui, baterai tipe lithium-ion ini harus sesekali baterainya perlu “dikuras” sampai habis, misalnya anda bisa melakukannya dua minggu sekali ataupun sebulan sekali. Hal ini dimaksudkan untuk mengkalibrasi baterai tersebut agar lebih awet.

2. Jangan Mencharging Ponsel anda semalaman

Kebanyakan para pengguna ponsel, entah itu ponsel berbasis android , ios atau lainnya, anda pasti sering sekali menyepelekan hal yang satu ini. Mungkin bagi anda mencharger semalaman lebih efektif karena ponsel tidak digunakan, karena mungkin bersamaan pada saat kita istirahat/tidur. Apakah anda mengetahui bahwa membiarkan baterai ponsel anda terhubung dengan charger semalaman dapat merusak kualitas baterai pada ponsel anda. Tentu saja baterai ponsel anda akan cepat drop. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengisi baterai anda sebentar saja sampai terisi penuh , daripada anda membiarkan baterai ponsel anda terhubung dengan charger dalam waktu yang lama.

3. Minimalkan Penggunaan Power Bank

Power Bank adalah suatu alat yang berguna sebagai pengganti charger , alat ini adalah charger portablle yang bisa anda bawa kemanapun anda bepergian, selain praktis, alat ini bisa menjadi alternatif charger ketika anda sedang berada di luar rumah. Misalnya sedang liburan kepantai, kemah, dan lainnya. Hal yang harus anda ketahui dari penggunaan power bank ini, apabila anda terlalu sering mencharger ponsel anda mengunakan power bank, ternyata hal ini tidak baik karena dapat memberikan panas yang berlebih pada baterai.

4. Hindari Tempat Panas

Hal terakhir ini memang jarang sekali dilakukan, mengingat apabila ponsel tidak sedang digunakan, biasanya anda akan menyimpannya didalam kantong baju atau celana. Tetapi tidak ada salahnya jika saya juga mengingatkan pada anda, agar menghindarkan ponsel Anda dari tempat-tempat yang panas. Kenapa kita harus melakukan itu, karena tempat yang panas ini juga bisa mempengaruhi kualitas baterai bahkan yang lebih parahnya lagi sampai menyebabkan kerusakan pada baterai. Sebagai informasi, baterai lithium-ion idealnya harus disimpan pada suhu 15 derajat celsius. Kisaran suhu yang bisa ditangani baterai tersebut adalah antara -40 hingga 50 derajat celsius.

Demikian artikel tentang tata cara merawat baterai hp agar awet. Semoga artikel ini bermanfaat, serta para pembaca sekalian dapat mempraktekannya pada ponsel anda, sehingga dapat membuat baterai hp anda menjadi awet.
Tag : Android, Tutorial

ARTIKEL TERKAIT :

0 Komentar untuk "Cara Merawat Baterai Hp Agar Awet"

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, dilarang berkata kotor, sara, negatif Dan dilarang SPAM !!!!

Back To Top